Minggu, 01 April 2012

pengobatan oleh diri sendiri

mengobati diri sendiri boleh-boleh saja, asalkan dilakukan dengan baik dan benar. pengobatan diri sendiri akan sangat bermanfaat karena dapat menghemat waktu dan biaya transpor, mengurangi biaya konsultasi dokter, dan sebagian penyakit di masyarakat tergolong penyakit yang cepat sembuh sendiri.

penyakit yang boleh diobati sendiri oleh orang awam memiliki ciri di mana penyakit biasanya bersifat ringan, akan sembuh sendiri dalam waktu singkat dan tidak berbahaya. penyakit tersebut misalnya batuk pilek tidak lebih dari 5 hari, diare ringan selama beberapa hari, sakit kepala ringan, sembelit dan sukar tidur.

namun, ada sejumlah penyakit yang tidak boleh diobati sendiri oleh orang awam. cirinya, penyakit ini biasanya cenderung menjadi berat, tidak sembuh sendiri (walaupun tidak terasa sakit). misalnya, hipertensi, diare hebat, kencing manis, kanker, penyakit ginjal dan jantung. tidak semua orang mampu menerapkan praktik pengobatan diri sendiri secara benar. ada beberapa contoh kesalahan yang lazim dilakukan masyarakat dalam mengobati dirinya sendiri, seperti :

1. mangobati flu, batuk, pilek dengan antibiotika.
2. penggunaan vitamin secara belebihan
3. menyisakan obat untuk "sakit yang akan datang"
4. menggunakan obat dokter yang terlihat manjur untuk orang lain
5. membeli obat keras tanpa resep dokter
6. mengobati sendiri penyakit berbahaya



Cara Cepat Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar